Kamis, 05 Oktober 2017

KENALI VARIASI CUKA


Cita rasa asam segar menjadi salah satu rasa yang hadir dalam masakan nusantara, tetapi bukan cuka saja yang menghasilkan rasa asam, yaitu jeruk nipis, asam jawa atau belimbing sayur.

Di bawah ini kita akan membahas beberapa variasi cuka. Yang saya tau sih cuka cuma ada satu, yang biasanya ada di dapur untuk menambahkan masakan. Tetapiiii, ternyata ada banyak jenis cuka yang lainnya. Simak Yuk ! 

JENIS CUKA

  • Cuka Masak ( Cuka Putih ) - Cuka ini tidak dibuat dari buah anggur, melainkan disuling dari alkohol. Inikah yang disebut cuka masak atau cuka dapur. Memiliki tingkat keasaman sekitar 5 persen, jika pemakaiannya berlebihan terasa agak tajam di lidah. Warnanya beining dan biasa digunakan sebagai campuran makanan, seperti acar atau bakso. 
  • Cuka Apel - Terbuat dari ampas buah apel. Warnanya kekuningan hingga kecoklatan. Rasanya seperti buah apel yang manis, kecut dan segar. Biasa digunakan sebagai salad dressing, diampur bersama minyak zaitun dan gula pasir. 
  • Cuka Balsamic - Hasil fermentasi white wine Trebbiano. Warnanya coklat pekat dengan aroma dan rasa asam cuka yang kuat, manis dan kompleks. Digunakan untuk bumbu peredam daging, salad, dan daging panggang. 
  • Cuka Beras - Cuka hasil dari fermentasi beras ini seriing digunakan dalam berbagai masakan Asia, seperti Cina, Jepang, Korea dan Vietnam. Cuka ini bisa digunakan untuk membuat acar, bumbu tumis, hingga saus. Aroma dan rasa cuka ini lebih ringan dibandingkan cuka dari buah atau biji-bijian.  
  • Cuka Anggur - Ada 2 macam cuka anggur yaitu anggur merah (red wine) dan anggur putih (white wine). Cuka anggur merah warnanya merah pekat dan kental dengan kadar asam asetat sekitar 5-7 persen. Biasa digunakan dalam campuran masakan rumahan Prancis. Sedangkan anggur putih berwarna bening hingga kekuningan dengan kadar asam asetat 5-7 persen. Rasanya sedikit kecut. Banyak dipakai dalam hidangan khas Eropa sebagai bumbu peredam ayam atau ikan


Jika Anda tertarik dengan artikel ini, dapatkan langsung segera Tabloid Saji September 395 di agen-agen terdekat dirumah Anda, kios majalah, atau di Toko Buku Gramedia. Jangan sampai ketinggalan yaaaaaaa :)  Have a nice day.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar