Rabu, 13 September 2017

HEALTHY LIFE II

MENGURANGI EFEK BURUK LEMAK

Selama ini lemak banyak menimbulkan masalah karena cara kita yang salah dalam mengonsumsi dan memanfaatkannya. Secara awam lemak biasanya dibagi menjadi 2 kelompok yaitu lemak jahat dan lemak baik. Kita simak sedikit yuk uraian tentang lemak baik dan lemak jahat. Yuuuuk cmon dibawah ini :

1. LEMAK JAHAT - Lemak jenis ini hanya boleh dikonsumsi dalam jumlah sangat sedikit. Ada beberapa jenis lemak yang masuk kategori ini:
  • Lemak Trans. Lemak trans ini yang jelas lemak berkategori sebagai lemak jahat. Lemak ini biasanya berasal dari lemak yang sudah mengalami proses pengolahan. Misalnya minyak jelantah sisa penggorengan panas tinggi berkali-kali, atau minyak yang sengaja dipadatkan pada proses pembuatan ragam makanan olahan pabrik. 
  • Lemak Jenuh. Ciri sederhana lemak ini adalah mudah membeku pada suhu dingin. Makin mudah membeku, akan semakin jenuh. Misalnya pada kehidupan sehari-hari, gajih adalah lemak yang beku pada suhu ruangan. Lemak ini harusnya kita konsumsi dalam jumlah sedikit. 
2. LEMAK BAIK - Walaupun sebutannya sebagai lemak baik, tidak berarti kita dianjurkan makan dalam jumlah banyak. Aturan umumnya, lauk makan kita sebaiknya mengandung protein dan lemak, tapi porsinya hanya sekitar 1/5 piring. Setengah piring harus berisi serat dari sayur dan buah.
Istilah lemak baik biasanya merujuk pada lemak tak jenuh. 

Dapatkan segera artikel ini di majalah Sedap edisi 9 di agen-agen terdekat, toko buku Gramedia, dan kios majalah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar