Jumat, 22 September 2017

SENI PERAN



BELAJAR AKTING TAK HARUS MAIN SINETRON

Kalau Anda berpikir seni peran itu susah, maka itu salah. Sebab, setiap kali kita keluar rumah dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar, maka sebenarnya kita sudah melakoni peran tertentu. 

Menurut Jose Rizal Manua, seniman sekaligus pendiri Teater Tanah Air, sebuah teater anak-anak. "Jadi, sebenarnya akting itu bukanlah sesuatu yang asing dalam kehidupan sehari-hari". Pada dasarnya tiap orang punya bakat dalam seni peran. Begitu pula dengan anak-anak. Menurutnya, anak-anak punya perspektif berbeda tentang bagaimana cara melakukan satu peran tertentu, dengan kepolosan dan pengalamannya yang tak sebanyak orang dewasa, akting anak-anak lebih natural. 

MANFAAT SENI PERAN TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK
menurut Estrina Maya, diantaranya :

  • Mengembangkan kepercayaan diri anak. Ketika ia mampu melakoni peran yang dipercayakan kepada dirinya, maka akan ada rasa bangga terhadap pencapaiannya tsb. 
  • Melatih anak mengelola emosi. Sebelum tampil diatas panggung anak akan dilanda rasa cemas. Dengan terbiasa ikut teater, maka ia mulai berpikir cara agar bisa menenangkan diri. 
  • Menumbuhkan keceriaan. 
  • Membantu anak belajar berkerjasama dalam tim. Bermain seni peran tentunya akan membuat kemampuan sosial, emosi dan komunikasi anak terasah dengan baik. Sebab anak akan terlatih berinteraksi dan menyesuaikan diri dengan banyak orang atau teman dalam tim. 
  • Membantu anak memperoleh value dan semangat hidup. 
  • Mengembangkan kreatifitas dan wawasan anak.
  • Menumbuhkan empati dan belajar aturan.
  • Meningkatkan kemampuan bahasa.

Orangtua harus jeli dalam mendeteksi minat anak. Anak bukan miniatur orangtua, dari sisi psikologis, sebenarnya semua kesenian yang bila dijalani dengan baik, akan mampu menggali potensi anak. Bahkan senin dapat digunakan sebagai terapi (Art Therapy). 



Jika Anda tertarik dengan artikel ini, dapatkan langsung segera majalah Intisari edisi September di agen-agen terdekat dirumah Anda, kios majalah, atau di Toko Buku Gramedia. Jangan sampai ketinggalan yaaaaaaa :)  Have a nice day.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar